Dalam upaya memberikan layanan pendidikan yang tepat sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak, maka diperlukan langkah-langkah yang sistematis. Langkah itu diawali dengan proses asesmen. Setiap anak khususnya ABK yang berada di sekolah Inklusif harus melalui proses asesmen itu sehingga akan diperoleh gambaran kemampuan dan kebutuhan belajarnya.

Dari data hasil asesmen tersebut diharapkan, guru dalam melakukan perencanaan pembelajaran memiliki pijakan untuk mencapai indikator materi pembelajaran yang diinginkan. Anak-anak pun akan dapat menguasai materi pembelajaran karena materinya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan belajarnya. Kegagalan dalam pembelajaran dapat pula diakibatkan oleh belum adanya atau kurang validnya data hasil asesmen. Dengan demikian asesmen memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam menentukan keberhasilan pembelajaran.

Berkenaan dengan pentingnya hal tersebut, maka Sekolah  Galuh Handayani mendirikan Assessment Center, dengan tujuan guna membantu guru khususnya pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusif dalam mengumpulkan data/informasi yang relevan mengenai potensi dan hambatan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dibidang akademik maupun non akademik. Selanjutnya dari data hasil asesmen tersebut dipakai sebagai bahan guru mengambil langkah-langkah yang tepat dalam melakukan proses perencanaan layanan pembelajaran dan layanan kompensatoris/kekhususan.

Oleh karena itu untuk menjamin kualitas layanan, Assessmen Centre Sekolah Galuh Handayani menyediakan tenaga-tenaga profesional, terdiri dari:

  1. Dokter, menangani dalam prespektif medik. Tenaga dokter yang secara rutin melakukan observasi dan intervensi terhadap ABK di sekolah Handayani meliputi: Psikiater, dokter spesialis gigi,  dokter specialis THT, dan dokter akupuntur.

  2. Nutrisionis, menangani dalam prespektif gizi anak

  3. Psikologi, menangani dalam prespektif psikologis anak  

  4. Pedagog, menangani dalam perspektif pendidikan

  5. Orthopedagog, menangani dalam perspektif pendidikan kekhususan.


Assessment Centre for Children with Special Needs berdiri pada tanggal 22 Desember 2009 dan telah diresmikan oleh Direktur PSLB Ditjen Mandikdasmen Departemen Pendidikan Nasional.